Berburu Abaka Bala Bala


Lily suka foto ini...
yah walaupun muka kucel, tapi seneng,
ada apa?
foto ini dipampang waktu presentasi di Bappeda.. Kan jadi artis adek.
Kisah disebaliknyaaaa...
*kita berburu pisang abaka (gak pake bala-bala), dapet beberapa gitu, terus ini tempatnya jauh nan jauh disana.. pake acara naik naik bukit segala. untung ada kereta (motor)
oh iya, itu batu asli dari sononya lohh, gak pake di pindah-pindah.
*nanti ada ceritanya..


Ini keseruan kami di sela-sela berburu abakaaa.. 



liat ada kolam kan di sanaaaa..
Itu bukan kolam, itu danau Anak Laut.
Danau itu yang mencukupi kebutuhan air bersih (menurut warga, menurut kami sih masih belum bersih, hiks) hampir seluruh wilayah Sabang.. Nah, karena danaunya di bawah, jadi naikin ke atasnya pakai pompa gitu.. terus nih ya, sedihnya, pas H-2 lebaran Idul Fitri, karna ujan deras gede kali, ada pohon tumbang, jadi pompanya rusak. gak ada stock air besih, ada ceritanya juga. nanti. ini soal berburu abaka. titik
eh, garis biru tua perbatasan ijo dan biru muda itu laut loh. #penting !!!


gak maksud apa-apa kak pop...
aku cuma mau bilang, nih di tengah bukit nan jauh dari perkampungan, kita masih bisa melihat pemandangan indahnya sabang... liat si tangguh nunjukin apa tuh !
iya, itu laut sabang, ada pulau kecil itu yang ketutup kepala tangguh, itu pulau klah. pulau terkenal itu..




masih dengan orang yang sama, waktu yang hampir sama. entah karena polosnya aku atau kek mana,
orang ini udah bikin aku berjanji buat upload dia di IG aku.
yaudah pas dia cari pisang abaka bala bala aja...
tapi gak keliatan kalau dia lagi nyabut abaka, tapi beneran dia lagi cabut abaka kok. sumpah !




ini ada kandang kambing.
apa hubungannya sama pencarian abaka?
hehe, jadi kandang ini kami temukan di kaki bukit, namanya bukit Cot Bau.
tanpa penduduk, tanpa pengamanan. ada kandang. gak hilang. keren kan, begitulah. indahnya Sabang..


nah ini pohon abaka yang agak kegedean yang kami temui di hutaaan...



*sekedar info yaaa..
jadi abis aku berburu abaka bala bala, terus ambil bibit pohon abaka sekitar tujuh atau delapan, aku disindir semi dimarahin sama kormater aku. soalnya pohon abaka hasil buruan aku aku tanem di depan rumah yang tanahnya gersang. terus engga tumbuh..
padahal bibit abaka kan engga mudah engga susah carinya
terus aku sedih.
tapi gimana lagi, kan aku hanya pengen membuktikan apakah si abaka bala bala itu mudah tumbuh atau engga di tanah gersangnya sabang, kalau mudah tumbuh kan pasti warga bersemangat.
ternyata engga semudah itu, harus ada tanah yang tepat, perlakuan yang tepat, pemeliharaan yang tepat.
intinya baca jurnal pekerjaaanku sehabis melakukan kesalahan ini.
buat bikin proposal. hiks hiks hiks















Comments