perjuanganku untuk memasang bracket

Alhamdulillah, satu keinginanku terwujud kembali. Allah sayang Lily. Yeay..
semoga 2015 ini emang tahun baik dan menjadi awal baik untuk tahun tahun kedepan. hihi

Setelah minggu kemarin satu keinginan terwujud, yaitu mendaki gunung sambil penghijauan, (cerita di bawah) Alhamdulillah, sekarang terwujud juga keinginan menggunakan bracket atau behel (udah pengen sejak jaman SD)

Aku mau mengulas cerita sedikit. Nah aku dulu itu kecilnya bandel, keras kepalanya minta ampun. Kata ibukku, dan aku juga sadar sih, waktu pertumbuhan gigi seriku yang depan, aku tuh bandel, ngeyelan. Ibuku selalu menasehati, selama gigimu belum tumbuh, makannya hati hati. Eh akunya malah makan jambu biji belum matang (kan keras tuh, yasudah nasib gigiku jadi beginilah). Semenjak itu ibuku selalu mengelu-elu, gigimu dek, gak rapi, makanya kalau dibilang orang tua itu nurut. Nyesel kan sekarang. Itu dari ibuk, belum lagi ejekan dari kakaku, duhh sedih. Aku semakin tertekan. (maaf sedikit alay). Selain kesalahanku makan jambu sebenernya kalo masalah gigi gingsulku yang satu tuh gara-gara gigi taring susuku dulu gak tanggal-tanggal, keburu tumbuh gigi taring yang beneran. Jadi ya gak ada tempat akibatnya. Nangkring deh di atas sana. Kalo gigi gingsulku yang satunya lagi aku juga gak paham kenapa bisa ikutan agak naik keatas walaupun gak separah yang kanan. Terus gigi taring kiriku yang bawah itu miring banget. Nah itu salahnya karena gigi taring susuku gak lepas sempurna, dan aku juga gak bilang minta dicabutin (bodohnya aku) jadi buat tumbuh sempurna dia gak bisa. Aku inget banget dulu malah buat mainan.. Aduuuh.. Nah inilah ceritaku, kenapa aku pengen banget pake behel. Ketika aku pengen behel belum menjadi trend seperti sekarang ini loh. Iyalah aku pengen dari jaman SD. Mana udah ngurus penampilan :s

Alhamdulillah, hari kemarin, 28 Januari 2015. Keinginan memakai behelku itu terkabul jugaa.. Setelah proses menunggu tentunya. Yang paling penting adalah menunggu uangnya hihi. Nah, karena gigi berantakanku itu gara-gara kesalahanku, maka orang tuaku gak mau kasih uang buat biayain aku pasang behel. Aku kan harus mikir ekstra keras nih. Alhamdulillah kemarin dapet uang beasiswa, cukuplah buat behel. (Nadzar dari awal kalo dapet uang beasiwa buat pasang behel sama buat uang penelitian, les dkk). Emang cukup? Pastinya engga. Aku kemarin udah melobbi ibukku, buat kurangnya nambahin, dan ibukku udah setuju. Jadi aku mudah banget buat janji sendiri begitu. Eh kenyataannya engga. Ibukku gak kasih biaya buat behelku. Aku gak marah sih, aku ngerti kondisi ibukku. Uang yang dialokasiin buat nambahin bayar behel dialokasiin buat nambah uang saku KKN (sepertinya sih begitu) heheh.. (kamu juga sih li, kkn jauh jauh sampe sabang, >> lah kan aku pengen taubat juga kalia aja di sabang karena mayoritas islam jadi ketularan, hihi.. > cerita menyusul aja yaa, sekarang bahas behel. kkn belum kelaksana juga wkwk).

Nah ya. Pertama kali aku konsultasi ke dokter gigi orthodonti tuh di RSGM UGM. Disana aku tanya-tanya. Selain tanya-tanya permasalahan gigiku aku tanya-tanya harga juga dong yaaa pastinya. Nah pada tahap ini aku udah dibuat kecut juga. Dokter gigi tempat aku konsultasi, mengatakan bahwa gigi ahang bawah bungsuku miring dan harus di "operasi" dulu. Dalam istilah kedokteran namanya IMPAKSI. Mana dua-duanya lagi. Oh iya masalah biaya, buat operasinya untuk satu gigi itu berkisar 750 ribu sampe 1 juta. Ini kalo residen, kalo sama Dokter spesialis 1,5 juta sampe 2 juta satu gigi. Oh My God. Ini mah gak jadi pasang behel beneran gerutuku waktu itu. Bayangin aja Beasiswa PPA yang tiap bulan cuma dapet 350, kalo ditotal setahun cuma 4,1 juta. Lah kurang banget lah. Kata dokternya juga yang bikin aku sakit hati. Iya mbak, kalau mau pasang behel mbaknya emang agak mahal. Soalnya kalo impaksi itu kalo gak di operasi nanti setelah behel bisa berantakan lagi. Nah loh.

Ini baru biaya operasinya aja. Kalo pake residen 1,5 jutaan 2 gigi. Kalo spesialis, antara takut kalo residen, sama mahal kalo spesialis. Pusing akuu. Tapi karena keinginanku yang kuat, maka aku engga berhenti sampe disitu. Aku kepo tanya jawab layanan RSGM UGM. Ternyata RSGM UGM hanya menerima jasa asuransi dengan GMC. Aku kan anak UGM, jadi punya GMC heheh. Untungnya lagi, GMC hanya memberikan rujukan ke RSGM untuk kasus kasus berat gak berat (iya soalnya yang ringan gak dikasih, yang berat banget pun juga gak dirujuk wkwk). Kasus gigi impaksiku ini termasuk kasus berat gak berat tadi. Jadi aku lolos dong.

Sebelum minta rujukan ke GMC aku nganterin dulu nih mbaku sepupuku pasang behel. Dulu sih rencananya kita pasang barengan. Eh gara-gara aku ada problem seperti ini aku harus menjalani perawatan terlebih dulu. Huhu. Waktu aku anterin mbaku pasang behel di dokter giginya, aku ikut konsul nih. Kata dokternya juga, gigiku impaksi. Sebaiknya di cabut dulu. Semisal gak dicabut juga gapapa, tapi abis lepas behel harus dicabut juga, soalnya nanti bisa mendesak gigi depannya. Sama aja kan intinya. Terus dokter giginya mbaku itu juga nyaranin, kalo kamu ada fasilitas GMC yaudah pake itu aja, dari pada kalo besok bayarnya mahal. Hehe.

Setelah galau mau operasi apa engga, soalnya emang jarang ada keluhan, aku sholat istikharah. Operasi apa engga. Soalnya biayabuat operasi aku anggarin buat main ke Garut, ke rumah sahabatku. Eh H-2 keberangkatan ke Garut, gigiku yang impaksi itu ngilu. Kataku wah ini pertanda dari Allah aku disuruh operasi nih. Oke aku langsung ke GMC paginya setelah ngilu itu, dan aku dapet rujukan dari dokternya. Terus aku bawa deh rujukan ke RSGM yang emang sebelahan. Aku antri pendaftaran, terus dibawa ke dokter umum. Nah, setelah itu aku di panggil ke dokter umum. Setelah di cek, dokternya menyarankan untuk dioperasi dan ke klinik bedah mulut (denger namanya aja serem). Kata doternya besok suruh datang lagi dan di rujukanku dikasih memo buat ke lantai tiga dokter bedah mulut. 

Pagi harinya aku datang dengan muka deg degan, berseri gimana gak tau lagi. Aku ke pendaftaran di lantai 1, terus disuruh daftar di lantai 3 klinik bedah mulut. Habis itu aku nunggu dipanggil dan masuk ke ruangan dokter. Aku kan belum pernah foto rontgen gigi, makanya aku dikasih rujukan buat foto rontgen dulu. Setelah itu foto rontgen aku balik lagi ke lantai 3. Gara-gara nanggung jam makan siang, aku disuruh makan dulu, soalnya nanti bakal gak bisa makan. Yaudah aku makan dulu. Abis makan aku balik lagi ke ruangan dokter di lantai 3. Setelah di cek tekanan darah, suhu, pernafasan, dan cedera pembuluh darah, aku ijin solat dulu. Alhamdulillah dokternya baik. Yaudah aku solat dulu. Setelah solat aku masuk deh di ruang operasi. Operasinya berjalan 1 jaman. dari jam 12 lebih sampe jam 1 lebih lah hehe.

Abis operasi aku belum sakit, makanya aku masih ambil laundrian segala. Wkwk. kan aku tanya, sampe kapan obat biusnya habis, kata dokternya 2-3 jam lagi. Well setelah urusan di kos selesai aku pulang. Sebelum obat bius habis aku udah dirumah. Dan aku juga udah minum obat nyerinya sebelum obat bius habis makanya aku gak bagitu kesakitan. Ini cerita OD kanan. Masih lanjut OD kiri. 

OD KIRI

Kan kemarin udah cerita tentang OD kanan, sekarang OD kiri.. sebenernya hampir sama sih. bedanya, kalau kemarin OD kanan cuma butuh waktu 1 jam buat OD, sekarang butuh waktu 2 jam buat OD. Dan kalian tau, gegara lamanya OD, dan aku nekat pulang magelang setelah OD. Obat biusku habis di jalan. Kalian bisa bayangkan? yah begitulah..

Oh ya, ada masalah nih waktu mau OD yang kedua. sebelumnya kan aku minta rujukan lagi ke GMC buat OD dan  aku disuruh periksa gigi dulu disana, gapapa lah. Tapi sedihnya, disana aku dibuka jahitan. Udah was was nih yang buka bukan dokter asliku. 

Eh bener, setelah OD yang kedua, bekas jahitanku yang pertama tuh berasa aneh gitu, makanan masuk masuk dan aku agak ngilu. Yaudah aku minta kontrol sama dokter bedahku. Dan kalian tau, setelah itu gusiku di jahit lagi. Fix dua duanya di jahit sekarang. (Aku yang minta sih, soalnya kalau gak dijahit juga pulihnya bakal lama).

Nah kalian tau, waktu aku OD aku makan apa aja? bubur. Yapp aku sehari hari makan bubur, 2 mingguan deh yaa.. enek? iya lah.. tapi mau gimana lagi, gak bisa ngunyah. huhu

Setelah itu, hari senin 26 Januari 2015, aku kontrol.. Yeayy.. Jahitanku dua duanya sudah di lepass.. tapi aku kudu tetep hati hati buat makannya..
(Dulu aku suka nyari-nyari rentang harga buat OD, aku kasih bocoran nih, kemarin gara-gara aku pake GMC, aku cuma habis 119.500 rupiah buat OD kiri sudah termasuk rongent dan pendaftaran, dan OD kanan, aku habis 126.000 rupiah soalnya kasusnya sedang jadi lebih mahal.. hehe, terus kontrol terakhir aku beli obat saraf tai gak pake rujukan GMC jadi habisnya 50 ribu sama vitamin 20 ribu) ya gak sampe 500 ribu rupiah. Alhamdulillah, GMC banyak membantuku.. *dulu pernah opname dan dapat GMC juga hihi.. :D


BRACKET



Hari rabu, 28 Januari 2015, dengan diantar seorang temanku, akhirnya aku mendatangi klinik dokter gigi mbaku di apotik belakang amplaz, (janjian dulu pastinya) dan gigiku dipasang behel deh akhirnya. Alhamdulillah, satu keinginan sejak jaman SD terkabul jugaaa... :D

yang paling penting adalah, aku berhak mencoret satu mimpi dalam daftar mimpiku :D
Aku selalu percaya, Allah selalu kasih apapun itu yang kita pengen jika sudah waktunya. Dan aku juga percaya, jika Allah gak kasih, berarti itu gak baik buat kita. Makasih Allah :)

Comments