Penanaman Mangrove,


"Bukan masalah sekarang penanaman sedang jadi trending topic terus ikut ikutan nanam kesana kemari, 

bukan, bukan itu, masalahnya adalah ini musim hujan, dimana musim yang tepat untuk menanam.. selain itu bumi kita yang semakin hari semakin tua kalau tidak dirawat keadaannya pasti akan rusak. Aksi kita memang tidak banyak, hanya sekedar menanam sejumlah kecil pohon di suatu lingkup kecil wilayah bumi, tapi kita sangat berharap aksi kecil kita dapat sedikit mengurangi kerusakan dan membuat bumi kita tersenyum suatu saat nanti, dan kita juga berharap semua orang mau sadar dan ikut menanam, bukan merusak atau malah menebang,. bukankah kalian selama hidup menghirup oksigen di bumi? oksigen kan banyak didapat dari reaksi fotosintesis tumbuhan, manusia belum dapat merekayasa membuat oksigen sendiri.. jadi semakin banyak tumbuhan di bumi, alangkah semakin baiknya karena selain oksigen yang semakin banyak juga keuntungam lainnya, seperti air yang dapat disimpan dalam tanah lebih lama, mencegah erosi abrasi, banjir dan lain lainnya.
Dilain pihak, adakalanya kita tidak hanya tertumpu pada kehidupan kita sendiri, boleh kita belajar dari kehidupan orang, salah satunya dengan bergabung aksi ini yang dilakukan temen-temen Fakultas Teknobiologi,‪#‎KSB‬ ‪#‎UAJY‬ dalam salah satu acara serangkaian ‪#‎BIOFAIR‬ 2015 yaitu penanaman 2000 pohon mangrove dan cemara udang di Pantai Baros, Bantul kemarin Sabtu, 21 Februari 2015. Ketika itu bermanfaat bolehlah kita saling berbagi."

Yapp, bener banget.. aku sedikit cerita nih gimana aku bisa ikut kegiatan ini, nah jadi, kan jurusanku dapet undangan buat isi stand Education Festival dari Fakultas Teknobiologi Univeristas Atma Jaya Yogyakarta, karena diundang, walaupun udah lengser, dulu kan pernah menjabat dan pernah jadi panitia BIOARTNERGY juga. yaudah aku sama ira dateng deh kesana, eh di stand pertama langsung deh ke stand Kelompok Studi Biologi dari fakultas teknobiologi, disana menawarkan program penanaman mangrove di pantai baros dan cuma bayar 15 ribu. murah, menarik, dan belum pernah, yaudah tanpa mikir panjang kita daftar. fix kedaftar.
Selanjutnya tanggal 17 Februari 2015 kami dapat pencerahan dulu mengenai mangrove, semacam mini seminar gitu. Karena aku sukanya tanya, makanya di kesempatan ini aku juga tanya, (aku kan di kkn kelak kalo dikehendaki Allah ada program tanam mangrove juga, jadi harus tahu, hehe). Akhirnya aku dapet vocher Movie Box, seharga 50 ribu. lumayan kan, hehe. Nah, aku di acara ini ngajak temen-temen jurusanku, ada ira, gina, unulla, meri, sama upet.
Dihari H, kita berangkat pagi-pagi nih, dari kosan jam 6an pa ya, eh tapi kita pake salah arah segala (gapaham daerah sana), dan juga salah kampus. (entahlah aku sama ira waktu briefing ngapain aja). Itu ga masalah, setelah itu kita briefing dan kita berangkat setelah doa dulu tentunya. oh iya aku kelompok 11.
Sampai lokasi, ada yang lagi shooting film kemerdekaan lohh, ada TNI AD nya soalnya. Oh ya, kalian tau gak, event mahasiswa ini, di perjalanan di kawal polisi loh, (baru pertama kalinya aku begini, *bangga, anak UGM aja kalau buat event mahasiswa gak gini gini juga, salut deh sama anak UAJY).

Sampai sana karena laut masih pasang, makanya kita nanem cemara udang dulu. tanpa alat memadai, alhasil cuma bisa nanem 1. *sedih, peralatan panitia kalah sama peralatan gasawana komunitas desaku nih, hehe. ketika laut sudah agak surut kita mulai deh nanem nanem.. sayangnya aku ga bawa hp ke lokasi jadi gak ada foto waktu nanem, aku baah semua loh, gara-gara walaupun udah surut masih aja tinggi..

ini aku pamerin foto-foto, yang sebagian dari hape gina, hehe


sebelum masuk kawasan mangrove kita di sambut papan ini

ini kawasan hutan bakau dari jauh

kawasan dari dalam hutan bakau, ada rumah kepiting bakaunya juga, lubang lubang dalem tanag gitu, tapi sayang, kotor 

ini semacam muara sungai atau apa gitu, pokoknya dikelilingin bakau. dan kotor. sedih banget deh kalau liat dimana mana sampah plastik

ini bibit mangrove, kata panitia sih nanam 2000 pohon mangrove dan cemara udang

ini bibit cemara udang

nah ini tanaman mangrove yang udah ditanam

ini suasana setelah makan siang

ini pembubaran peserta

narsis dulu sama unulaa

ini bukit pasir dilihat dari tempat konsumsi, fungsinya buat menahan biar ombak ga sampai daratan, dan menunggu bakau bakau kita tumbuh, soalnya kan kalo pasir aja lama kelamaan juga bisa terkikis habis.

*sekian dulu ceritaku 




Comments