biar bagaimanapun tetep harus mikir ke depan !

http://lppm.ugm.ac.id/wp-content/uploads/2014/12/calon-lokasi-kkn-ppm-2015-draft-ok.pdf


itu alamat web daftar lokasi KKN.
well, dilokasi itu ada penanganan pasca panen kakao.

galau, mungkin iya.

buat aku, KKN gak sebatas main, ataupun mengenal suatu daerah dan mengabdi.
tapi bagaimana kita membina hubungan selanjutnya.
gak munafik, aku memang cari link. aku memang cari relasi. dalam otakku memang sudah ada bisnis.

aku pernah ada cita-cita, aku pengen punya pabrik coklat sendiri, mengingat pabrik coklat di Indonesia masih minim atau jarang. Aku mau KL di perusahaan coklat aja susah.
aku pernah 10 hari di desa terpencil di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan sana.. disana ada kakao. dan kalian tahu, biji kakao disana tidak diolah dulu, hanya dikeringkan. SUDAH. lalu dijual. dulu sih aku gak begitu ngerti soal begituan, tapi sekarang aku tau, buat dapet coklat berkualitas itu perlu yang namanya FERMENTED BEAN.

nah dari situ aku tertarik buat bangun perusahaan sendiri yang komoditasnya dari petani petani lokal. kalau udah dapet relasi kan mudah. nah gitu pengennya. karena gak bisa jualan, yah waktu mahasiswa nyicilnya cari relasi lah..

terus, aku harus KKN apa gimana?

Comments