passion ?

mungkin kalian sudah lelah, bosan dan mungkin jga bisa jadi jengkel ketika aku mulai bercerita mengenai passion !

yapp, karena selalu berubah.. aku tak pernah punya pendirian tetap..

sekadar mengingat perjalanan tentang pencarianku akan "passion"

dulu kecil, aku suka tentang hal-hal unik, aku suka meneliti, suka mengutak atik hal-hal, terutama tumbuhan dan hewan..
selain itu aku suka merawat mereka, aku sering mengobati capung yang patah sayapnya (gara-gara aku buat mainan sih)..
aku sering kasih obat merah tanaman yang keluar getahnya, terus disuntik pakai jarum pentul (duhh ini, kalau keinget pengen ngakak)

dan berbagai hal lainnya..
itu masa kecilku...

terus menginjak SD.. ketika ditanya aku ingin jadi apa...
aku jawab : "aku mau jadi dokter"

setelah tumbuh, aku mulai ngeri dengan beberapa orang kecelakaan, dalam hati aku ingin membantu, tapi aku takut terjadi kesalahan dalam mengobatinya.. jadi aku putuskan aku jadi "dokter tumbuhan" kalau gak jadi "dokter hewan" ajaa..

waktu berselang..
masa-masa mendapat pelajaran tentang tata suryaa... kemudian terselib keiinginan ingin jadi astronot.. nahhh

itu masa SD..
kemudian masa SMP..
waktu itu aku udah mulai yakin aku mau jadi "dokter tumbuhan".. yapp siap jadi petani..
tapi petani yang berbeda dari yang lainnya, petani yang bisa ngobatin tanaman, petani yang gak turun ke sawah, engga nyangkul, dan engga kotor.. okay, waktu itu tekad ku udah bulat, aku mau masuk IPB (Institut Pertanian Bogor). Dan ketika aku SMA aku harus masuk IPA, menurutku begitu..

Masa SMA
masa-masa SMA temen-temen sibuk bingung mau masuk jurusan, apa.. aku dah yakin aja, aku masuk pertanian... aku mau masuk IPB, entah apa jurusannya, yang penting yang bisa bawa aku jadi dokter tumbuhan !

tapi, ketika udah mendekati masa-masa SNMPTN, aku mulai ragu..
ditambah lagi aku mendapat petuah dari sana sini, terutama bapak dan ibuk..
mereka menginginkan aku mencari jurusan yang jelas..
kalau kamu masuk pertanian, kita engga punya sawah,
ada sawah, tapi toh itu buat sampingan..
engga bakal cukup buat praktek..
tapi tekadku udah kuat,, menurutku pertanian itu merupakan bidang yang akan booming, soalnya setiap orang butuh makan bukan, dan lahan pertanian semakin tipis, makanya ahli-ahli pertanian diperlukan..
oleh karena itu aku tetep kekeh masuk pertanian.
akan tetapi aku juga agak sangsi..
aku masuk pertanian itu bukan ingin jadi petani, tapi pengen belajar tumbuhan..
belajar genetika, rekayasa nya gitu-gitu..

kemudian aku putuskan untuk memilih BIOKIMIA IPB dan MIKROBIOLOGI UGM di SBMPTN ku..
dan sedih aku engga lolos IPB.. aku harus kuliah di UGM..
oke gapapa
keiinginan untuk merantau pupus..


kembali ke passion..
satu semester aku belajar di pertanian, aku merasa enjoy-enjoy aja..
soalnya materinya masih dasar..

semester dua, entah karena aku di jurusan Mikrobiologi, jadi aku terbawa lingkungannya, (lingkunganku banyak yang berkata kalo Mikrobiologi itu harusnya masuk teknik, atau biologi atau MIPA, bukan pertanian).. 
aku udah mulai merasa engga nyaman dengan pelajaran pertanian..

....



...................... (lanjut besok, mau UAS) BELAJAR DULU

Comments