GIPS (Gelar Inovasi dan Prestasi Siswa) Jawa Tengah 2010

11 November 2010


Kamis, 11 November 2010 aku dan 2 orang temanku dari SMAN 1 Magelang dipilih untuk mengunjungi Pameran Pendidikan. 2 orang itu adalah Ananda Mutiara Wening dan Ignatius Chandra Kurniawan. Kami di beri tahu sehari sebelumnya oleh sekolah sebelum mengikuti kegiatan ini. Pada hari itu, kami berkumpul bersama dengan perwakilan dari SMA dan MA lain se kota Magelang di sekolah kami. Rombongan ada 2 bus, 1 bus untuk siswa, dan 1 bus untuk pembina. kami berangkat pukul 06.00 dan sampai pameran, Museum Ronggowarsito pukul 08.30.


Setelah ada pengarahan dari pembina kami bergegas untuk melihat pameran (sudah penasaran). Begitu masuk kami sudah di sambut oleh hiruk pikuk para siswa penjaga stand yang sibuk mempersiapkan pamerannya(kami kepagian). Karena aku selalu ingin tahu, maka aku langsung bertanya-tanya kepada penjaga stand yang waktu itu sedang berjaga. ini sedikit hasil dari tanya-tanya yang kami lakukan. (yang dapat brosurnya, soalnya datanya lebih valid).


1. KAJIAN INOVASI TEKNOLOGI PENYUNTIKAN OVAPRIM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRODUKSI IKAN LELE UNGGUL JENIS SANGKURIANG (CLARIAS GARIEPINUS) oleh Vicky Rasyid Maulana, RB Faris, Ignatius Singgih, SMAN 10 Semarang.
Karya Ilmiah ini membahas tentang penyuntikan ovaprim terhadap produksi benih lele. Pada pembenihan semi buatan diptoduksi benih 30.000 ekor/induk lebih mudah dibandingkan dengan secara buatan yaitu 35.000 ekor/ induk.


2. METHANOL JELLY oleh Kharisma Mutiara Insani, SMAN 3 Semarang.
Karya Ilmiah ini membahas tentang methanol jelly atau pasta. Karena bentuknya adalah jelly atau pasta, maka bahan bakar ini sangat fleksibel digunakan dimana saja dan mudah didalam penyimpanannya. Methanol jelly ini dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar parafin kala dibutuhkan untuk memasak diruang terbuka. Berbeda dengan parafin yang beracun jika apinya bersentuhan dengan makanan atau asapnya yang memedihkan mata, maka methanol jelly ini aman digunakan untuk memasak.


3. KONTRUKSI LANTAI TERAPUNG BAGI RUMAH DI KAWASAN ROB oleh Dwi Syafiar Bayu Aji, Siti Setyawati Mulyono Putri, dan Yasinia Annisa Purbomurti, SMAN 3 Semarang.
4. MINYAK SAMPAH PLASTIK SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF oleh TIM KIR SMAN 1 Purwodadi.
5. SMS ALTERNATIF SEBAGAI ALTERNATIF LJK oleh Ghamdan Bagus, Irham Rosyadi, Putu Sadhvi Sita, SMAN 3 Semarang.
6. "SUKA KELOR" CARAMEL VS MALNUTRITION oleh Dwiky Rendra Graha Subekti SMA Theresiana 01 Semarang.
7. LUNCHBOX HANDROLLER CHARGER SEBAGAI CHARGER HANDPHONE YANG PORTABLE oleh Alvin Radeka, Daris Ibnu, Huda Kurniawan, Muhammad Fadhil, Wanda Andreas, SMAN 3 Semarang.

sebenarnya masih bnyak lagi.. dan semuanya keren-keren.. tapi yang dapet brosurnya cuma ittu, malah ada yang udah di rekomendasiin ke Brasil segala berkat kartulnya.. pengen bahas tapi, ntar gak valid deh.. jadinya.. mending gak usah ajja..

ayo temen-temen mulai untuk meneliti yah, dengan meneliti, kamu akan menemukan hal-hal baru yang tak terduga sebelumnya..

yang terakhir.. selamat meneliti.. dan selamat bertanya!!

Comments